Perangkat Keras (Hardware) Untuk Mengakses Internet

Posted by

Jaringan internet adalah komunikasi antarkomputer yang memanfaatkan jaringan telpon, maka jenis data dan tata cara yang digunakan dalam komunikasi antar komputer yang menggunakan jaringan telpon diperlukan beberapa komponen tambahan. Komponen tambahan tersebut dapat berupa Hardware, software. 

Komponen yang sangat penting untuk mengakses internet:
  • PC/Komputer (Prosesor, RAM, Harddisk, VGA card, monitor)
  • Saluran Telepon dan ISP
  • Modem
Modem
Modem atau modulator demulator berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah sonyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital.

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih modem adalah kecepatan dalam menghantarkan atau tukar menukar data. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) atau bit per detik. Dalam penggunaannya modem di bedakan menjadi 3 jenis yang memiliki fungsi yang berbeda, yaitu sebagai berikut.

a. Modem dial up
modem ini biasa di gunakan oleh PC yang langsung di hubungkan melalui saluran telepon. Bentuk modem ini dalam kegunaanya untuk jaringan dibedakan mejadi 2 jenis
  • Modem Internal
         modem internal artinya modem tersebut sudah terpasang pada mainboard atau matherboard    komputer. Keuntungan modem internal adalah harganya yang lebih murah, namun kelemahannya adalah pemasangannya lebih sulit dan penggunaannya tidak bisa di pindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain.

Hasil gambar untuk MOdem Internal
Modem Internal
  • Modem external
         adalah modem yang sengaja di pasang diluar komputer, biasanya mempunyai serial port COM 1 dan 2. Keuntungan modem external adalah pemasangannya mudah dan penggunaannya dapat di pindah-pindah dari komputer yang satu ke komputer yang lain, namun kelemahannya adalah harganya jauh lebih mahal.
Modem External
 
 b. Modem Kabel
modem ini biasa menggunakan saluran TV kabel yang memiliki kecapatan akses yang tinggi di bandingkan dengan jenis modem dial up dan modem ADSL sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet melalui modem kabel ini. Namun, user harus mendaftarkan dahulu ke penyedia jasa TV kabel dan ISP.

c. Modem ADSL (Asymetric Digital Subscribel Line)
ADSL merupakan salah satu tipe xDSL teknologi broadband yang menggunakan line telepon normal, ide utama teknologi ini adalah untuk memecah sinyal telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan kita dapat menerima panggilan telepon dan terkoneksi ke internet tanpa saling mengganggu.
Modem ADSL


Hasil gambar untuk pemasangan modem ADSL



Saluran Telepon dan ISP
1. Saluran Telepn
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet.

2. ISP 
 Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.


Perangkat Pendukung

1. Switch dan Hub


Hasil gambar untuk switch
Switch


Hub
2. Repeater
Repeater

3. Router
Router

 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08.16

0 komentar:

Posting Komentar

SMAN 1 TEGALWARU

SMAN 1 TEGALWARU
Diberdayakan oleh Blogger.