Fasilitas Internet

Posted by

  Apa yang bisa kita lakukan di Internet ? Banyak. Berikut ini beberapa fasilitas terpenting yang disediakan di Internet, antara lain :
 
1.     WWW
Hasil gambar untuk WWW 







WWW (World Wide Web) atau web adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dll. WWW merupakan dokumen – dokumen internet yang tersimpan di server -  server yang tersebar di seluruh dunia. Format yang digunakan adalah hypertext hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML).  HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain.
Website berfungsi diantaranya sebagai berikut :
·        Media untuk sarana hiburan
·        Media untuk mempromosikan sesuatu
·        Media untuk memperluas wawasan
·        Media untuk berkomunikasi


2.     Email
Hasil gambar untuk email 






Email (Electronic mail) adalah suatu sistem yang dimana memunginkan kita untuk surat menyurat secara elektronik melalui komputer yang saling terhubung secara global. Kelebihan dari sistem ini adalah memungkinkan kita untuk mengirim surat, cerita, puisi, dan juga bisa mengirim file dokumen, gambar, musik, film, dan sebagainya secara cepat.


3.     News Group
 










News Group adalah suatu aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna yang memiliki kepentingan yang sama dalam membahas suatu tema atau topik tertentu. Sarana yang dapat digunakan berupa multimedia (audiovisual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video. Biasa berupa teks saja atau teks audi dengan menggunakan fasilitas chat (IRC). 

Fungsi news group :
·        Tempat mencari informasi
·        Tempat perkumpulan orang – orang yang satu pikiran
·        Tempat mengemukakan pendapat


4.     Mailing lis
 








adalah suatu fasilitas internet memungkinkan kita berdiskusi mengenai suatu persoalan. Dalam mailing list kita dapat mengirimkan suatu subject email ke suatu alamat penyedia mailing list secara otomatis yang kemudian didistribusikan kepada pemakai lain dan akan ditanggapi oleh mereka. Syarat utama untuk pengguna mailing list adalah pengguna mailing list harus terdaftar sebagai anggota mailing list. (groups.yahoo.com dan group.google.com)


5.     Chatting
 










Chatting adala suatu fasilitas internat yang memungkinkan pengguna dapat berbicara secara langsung dengan pengguna yang lainnya dengan menggunakan keyboard. Syarat yang digunakan untuk menggunakan chatting adalah lawan pembicaraan harus ada dalam keadaan online dalam chatting internet. 


6.     FTP
 







FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu program aplikasi internet yang digunakan untuk memindahkan atau mentransfer file dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung dengan jaringan internet.
Jenis FTP diantaranya :
a.     FTP yang diakses ke server
Pada jenis ini file diambil dari server yang dimana kita terdaftar disana. Misalnya ketika kita berlangganan ke ISP, kita memiliki home directory, yang dimana ketika kita akan membuka home directory diperlukan username dan password untuk konesi ke ISP
b.     Anonymous FTP
Untuk jenis FTP ini, kita dapat mengambil file dari tempat umum. Maksud dari tempat umum diatas adalah suatu server yang menyediakan file – file yang dapat diambil oleh kita. Contoh file seperti games, video, dll.


7.     Telnet
Hasil gambar untuk Telnet 





Telnet adalah salah satu layanan login yang mengarah pada program yang menyediakan fungsi yang memungkinkan kita untuk mengakses atau login ke sebuah terminal host (remote host) dalam daerah jaringan internet. Telnet juga bisa digunakan untuk menghapus, mengedit, atau menambah data pada komputer satu melalui komputer lainnya yang jaraknya jaugh. (namun hanya jika kedua komputer telah terhubung dalam jaringan internet). Maka oleh karena itu, telnet dapat digunakan untuk melakukan kerja dengan jarak yang jauh.

8.     Gopher
Gopher merupakan suatu sistem yang dapat digunakan oleh kita untuk mencari informasi dari komputer lain. Namun ada perbedaan antara gopher dan web yaitu bentuk tampilan. Gopher hanya menyediakan informasi dalam bentuk teks saja, tidak hal nya seperti web yang bisa menyediakan gambar. Oleh karena itu, gopher saat ini mulai ditinggalkan oleh penggunanya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.58

0 komentar:

Posting Komentar

SMAN 1 TEGALWARU

SMAN 1 TEGALWARU
Diberdayakan oleh Blogger.