Fungsi/ Manfaat Internet

Posted by

Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang akan kita peroleh sebagai pengguna internet. Berikut beberapa fungsi/ manfaat dari penggunaan internet :

Internet di Bidang Pendidikan


maanfaat internet dalam dunia pendidikan, antara lain :


1.    Mencari informasi
Dengan internet kita dapat mencari informasi tentang berbagai hal didunia pendidikan,seperti perubahan kurikulum disetiap tahunnya,berbagai contoh dan cara mengerjakan soal ulangan maupun UN untuk semua bidang studi.

2.    Berkomunikasi / Jejaring sosial
Kita dapat berkomunikasi dengan orang di berbagai pelosok dunia,melalui jejaring social seperti:E-mail,facebook,twitter,dan lain-lain.

3.    Sebagai sarana pembelajaran
Melalui internet kita dapat belajar berbagai hal mulai dari materi yang dipelajari saat ini disekolah,yang telah berlalu,dan yang belum dipelajari

4.    Sebagai sarana untuk mencari Beasiswa baik diluar maupun didalam sekolah
Dengan internet kita dapat mendapatkan informasi tentang Beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemerintah disetiap tahun/semester, baik itu diluar sekolah maupun didalam sekolah.

5.    Internet sebagai sarana pendidikan jarak jauh
Pendidkan jarak jauh artinya kita tidak harus selalu berada disatu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan. Dengan internet kita dapat mengakses situs Web selama 24 jam sehari, tak peduli dimana pun kita berada.

 Internet Dalam Dunia Bisnis


Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:

1. Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan
Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan.

2. Analisa produk dan pasar
Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya.   


3. Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya
Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses.


4. Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet.

5. Akses informasi dan penyebaran informasi
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos.


6. Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen.

7. Peluang bisnis baru
Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru.




Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari 

1. Bagi Kesehatan
Saat ini sudah banyak situs web yang dapat dipercaya dalam memandu berbagai keluhan penyakit sampai mencari informasi mengenai keluhan, gejala, penyebab dan pengobatan suatu penyakit.

2. Ide
Informasi apapun ada di internet sehinggga dapat membuka ide baru kita

3. Menambah wawasan

4. Bersosialisasi

5. Sumber Informasi
 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 07.55

0 komentar:

Posting Komentar

SMAN 1 TEGALWARU

SMAN 1 TEGALWARU
Diberdayakan oleh Blogger.